Cari Di Sini

Komisi X Menyoroti Sarana Akses bagi Mahasiwa Berkebutuhan Khusus

2/17/2016 04:30:00 PM

Sumber Foto : one

Jakarta ;-

Komisi X DPR RI mempertanyakan tentang implementasi peraturan yang mengharuskan tersedianya sarana prasarana bagi mahasiswa yang berkebutuhan khusus. Hal tersebut diatas disampaikan oleh Dadang Rusdiana, anggota DPR RI Fraksi hanura, kepada Menristekdikti RI, Muhammad Nasir, pada saat rapat kerja Komisi X DPR RI (16/02/16).

Anggota DPR yang dikenal dengan sapaan Kang Darus ini, dalam rapat tersebut menyatakan bahwa, sudah menjadi kewajiban konstitusional untuk memberikan hak yang sama kepada semua warga negara tidak terkecuali bagi yang berkebutuhan khusus. Terrmasuk dalam akses proses pembelajaran di perguruan tinggi bagi mahasiswa berkebutuhan khusus sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 49 Tahun 2014.

“Dalam Permendikbud No.49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Pasal 36 ayat (1) Permendikbud No.49 tahun 2014 dinyatakan bahwa Perguruan Tinggi harus menyedikan sarana dan prasarana yang dapat diakses oleh mahasiswa yang berkebutuhan khusus", tegas mantan aktivis KNPI ini.

Atas dasar hal tersebut, sosok yang masih aktif di dunia mengajar ini, meminta penjelasan kepada Menristekdikti mengenai perguruan tinggi mana saja yang sudah mengimplementasikan kewajiban di atas, baik perguruan tinggi negeri (PTN) maupun peruruan tinggi swasta (PTS).

( one-DRc )

Baca Juga :

0 komentar