Cari Di Sini

Paripurna Ditunda, Sikap 10 Fraksi DPR Soal Revisi UU KPK Bisa Berubah

2/18/2016 11:22:00 AM

Sumber Foto : detik.com - Lamhot Aritonang

Jakarta -

Rapat paripurna DPR dengan agenda pembahasan soal revisi UU KPK sudah ditunda dua kali. Sikap fraksi yang awalnya mendukung pun bisa berubah.

"Politik dinamis, bisa jadi konsisten tapi bisa juga ada fraksi yang berubah. Tergantung sikap presiden. Kalau presiden firm, bisa lanjut. Tapi kalau tidak, kita tidak berani ambil resiko," kata Sekretaris Fraksi Hanura di DPR, Dadang Rusdiana saat dihubungi, Kamis (18/2/2016).

Presiden Joko Widodo sebelumnya menyatakan akan menarik diri dari pembahasan apabila revisi UU KPK dianggap melemahkan. Hanura melihat pernyataan presiden menjadi hal yang menentukan.

"Apa yang disampaikan sikap presiden sangat menentukan," tambahnya.

Penundaan paripurna ini dilakukan karena hanya ada 1 pimpinan DPR yang ada di Jakarta yaitu Ketua DPR Ade Komarudin. Sementara itu, para wakil ketua DPR sedang di luar kota dan luar negeri.

Tetapi, Dadang menduga ada alasan lain di balik teknis ketidakhadiran pimpinan DPR. Dua pimpinan DPR yaitu Fadli Zon (Gerindra) dan Agus Hermanto (Demokrat) berasal dari fraksi yang menolak revisi UU KPK.

"Karena dua fraksi tidak setuju, mereka memanfaatkan situasi ini agar tak bisa diselenggarakan. Pak Agus dan Pak Fadli kan fraksinya menolak," ungkap Dadang.

Awalnya rapat paripurna DPR dengan agenda penetapan revisi UU KPK sebagai usul inisiatif DPR dijadwalkan pada Kamis (11/2) namun kemudian ditunda ke Kamis (18/2). Kemarin, keputusan diambil untuk kembali menunda paripurna ke Selasa (23/2).

(imk/tor)
( Indah Mutiara Kami )

Sumber Berita :
http://detik.com/news/berita/3145150/paripurna-ditunda-sikap-10-fraksi-dpr-soal-revisi-uu-kpk-bisa-berubah

Baca Juga :

0 komentar