Cari Di Sini

Sekolah Khusus 'SMK Perfilman'

2/16/2016 10:37:00 AM

Sumber Foto : One

Jakarta,-

Perlunya pemerintah mendirikan sekolah khusus perfilman, baik SMK Perfilman maupun Perguruan Tinggi Perfilman, muncul dalam Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) Panja Perfilman Nasional Komisi X DPR RI dengan Asosiasi Produser Film Indonesia - APROFI (15/02/16).

Dalam RDPU tersebut muncul penilaian bahwa minimnya sekolah perfilman di Indonesia dipandang sebagai salah satu faktor lesunya perfilman nasional di tanah air, sehingga pemerintah diminta untuk membangun/mendirikan sekolah-sekolah perfilman.

Menanggapi usulan tersebut, Dadang Rusdiana, anggota Panja Perfilman Nasional yang akrab dipanggil Kang Darus menyatakan, “Perlu kajian lebih lanjut mengenai urgensi perlunya sekolah perfilman”.

Menurutnya, “Sebagai sebuah gagasan tentu ini harus kita respon dengan cukup bijaksana juga cukup arif, dan tentu akan kita bicarakan lebih lanjut mengenai tingkat kepentingannya”.

“Apapun yang dapat mengedepankan perfilman Indonesia menjadi lokomotif kebudayaan tentu akan kita dorong, termasuk di dalamnya membentuk sekolah menengah perfilman atau sekolah tinggi perfilman”, demikian menurut Kang Darus.

Oleh karena itu Komisi X DPR RI dalam hal ini Panja Perfilman Nasional akan mengkaji tingkat urgensi dari usulan tersebut, jika memang akhirnya dipandang perlu maka tentu akan didorong dibentuknya atau didirikannya SMK-SMK Perfilman atau sebuah Perguruan Tinggi Perfilman, tegas Kang Darus.

Tentunya banyak sekali faktor yang menjadi penyebab lesunya perkembangan perfilman nasional tersebut. Dibentuknya Panja Perfilman Nasional diharapkan dapat menemukan inti dari akar permasalahan yang menjadi penyebab kelesuan ini sehingga langkah-langkah yang tepat dapat tentukan sebagai jalan keluarnya.

( DRc )

Baca Juga :

0 komentar