Cari Di Sini

Akomodasi Parpol, Jokowi Kurangi Menteri dari Profesional?

3/31/2016 08:53:00 PM

Sumber Foto : jitunews.com

Pertemuan Wiranto dengan Presiden Jokowi di Istana Negara sore tadi adalah bagian dari sinyalemen reshuffle.

JAKARTA, JITUNEWS.COM -

Waktu reshuffle atau perombakan kabinet sampai saat ini masih menjadi teka-teki di tengah publik. Sekretaris Fraksi Partai Hanura DPR, Dadang Rusdiana mengatakan pihaknya memprediksi bahwa reshuffle akan dilakukan pertengahan April 2016. Dia memastikan bahwa menteri yang akan dicopot berasal dari kalangan profesional.

"Sudah hampir bisa dikatakan pertimbangan partai sudah jelas. Mengurangi dari profesional. Kami memprediksi kalau Jokowi mengurangi proporsi partai, khawatir muncul kerenggangan komunikasi politik parpol dan Jokowi," kata Dadang saat dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis (31/3/2016).

Partai Hanura lanjut dia, menyerahkan sepenuhnya kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait reshuffle kabinet itu. Kata dia, partai yang dipimpin Wiranto itu tak mempersoalkan apabila 'jatah' partai di kabinet dikurangi untuk diberikan kepada Partai Golkar. Sebab, reshuffle kabinet disebut-sebut dilakukan setelah partai beringin mendapatkan ketua umum yang baru.

"Golkar walaupun partai besar belakangan wajar kalau dapat satu. Kemudian kita lihat pertimbangan selanjutnya. Hanura sendiri tidak mempersoalkan Hanura nambah atau berkurang," ungkapnya.

Terkait pertemuan Ketua Umum Partai Hanura Wiranto dengan Presiden Jokowi di Istana Negara sore tadi, dia tak menampik bahwa pertemuan tersebut bisa menjadi sinyal bahwa reshuffle akan dilakukan dalam waktu dekat ini.

"Jadi kan pak presiden sudah sampaikan sinyal reshuffle, pasti ketua umum partai diajak bicara. Tapi yang kalau saya tahu, Pak Ketum kan tidak berpikir kelompok tapi berpikir negara, Pak Ketum tak punya kepentingan apakah tambah atau kurangi. Kita kedepankan bahwa reshuffle hak presiden, Hanura tidak pernah tekan tolong diamankan tidak pernah," pungkas anggota Komisi X DPR itu.

( Penulis : Yunisa Herawati / Editor : Syukron Fadillah )

Sumber Berita :
http://jitunews.com/read/34383/akomodasi-parpol-jokowi-kurangi-menteri-dari-profesional

Baca Juga :

0 komentar