Cari Di Sini

Fraksi Hanura: Bangun Perpus DPR Perlu Komunikasi ke Publik

3/28/2016 09:00:00 PM

Sumber Foto : www.jawapos.com

JawaPos.com -

Rencana pembangunan perpustakaan DPR terbesar se-Asia Tenggara‎ disambut positif fraksi Hanura. Namun, perlu memperhatikan beberapa hal. ‎

Ketua Fraksi Hanura Dadang Rusdiana mengatakan, perpustakaan penting jika dilihat dalam jangka panjang‎ untuk menunjang parlemen modern. Apalagi, di negara maju perpustakaan itu dianggap simbol kemajuan budaya.‎

Namun, yang selalu menjadi masalah, ‎adanya persepsi publik yang menganggap pembangunan yang dilakukan DPR merupakan bentuk penghamburan uang negara. Apalagi, publik melihat produk legislasi sejak setahun lalu terbilang rendah.

Dadang berdalih, rendahnya produk legislasi karena tersita dengan berbagai macam persoalan yang ada di DPR. Karena itu, awal periode ini produk legislasi tengah digenjot.

Situasi pun semakin kondusif dengan banyaknya partai yang bergabung ke pemerintah. Dalam hal ini, komunikasilah yang menjadi peran penting untuk memberi informasi yang jelas kepada publik.

‎"Sehingga perpus DPR sebagai bagian penting untuk menuju parlemen modern dapat terbangun tanpa protes dari rakyat," ujarnya saat dihubungi awak media, Senin (28/3).

Anggota DPR pun nyatanya berperan penting membangun kepercayaan kepada rakyat. "Susah kalau kita bangun perpus dalam rangka menuju parlemen modern, tapi anggota DPR banyak yang mangkir dari rapat, ya mana percaya rakyat," ucap Dadang.

Kendati demikian, juga perlu diperhatikan persoalan anggaran pembangunan proyek tersebut. Apalagi pemerintah telah mengeluarkan moratorium pembangunan dalam rangka efisiensi.

"Kalau anggaran negara berat, tentunya perpustakaan DPR bisa ditangguhkan. Tapi sekali lagi, kalau yang dipertimbangkan adalah efisiensi bukan kepentingan strategis jangka panjang," tandas legislator asal Jawa Barat itu.

( dna/JPG )

Sumber Berita :
http://www.jawapos.com/read/2016/03/28/22285/fraksi-hanura-bangun-perpus-dpr-perlu-komunikasi-ke-publik

Baca Juga :

0 komentar