Cari Di Sini

Isu Reshuffle Kabinet Kian Kencang, Hanura Tak Khawatir Menterinya Diganti

3/31/2016 06:17:00 PM

Sumber Foto: tribunnews.com

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -

Isu reshuffle (perombakan) kabinet pemerintahan Jokowi-JK semakin kencang.

Kendati demikian, Partai Hanura mengakui belum menggelar pertemuan intensif mengenai wacana reshuflle kabinet.

Namun, Ketua DPP Hanura Dadang Rusdiana menyatakan mendukung penuh keputusan Presiden Jokowi bila reshuffle jadi digelar.

"Kapan dan siapa yang direshuffle kami serahkan ke presiden walaupun yang boleh dikatakan DPR intervensi hanya Rini (Menteri BUMN Rini Soemarno). DPR menyampaikan dalam rapur soal Rini," kata Dadang ketika dikonfirmasi, Kamis (31/3/2016).

Hanura, kata Dadang, memprediksi reshuflle kabinet digelar pada pertengahan April. Mengenai kemungkinan reshuflle kabinet akan digelar pascaMunas Golkar dan PPP, Dadang menilai tidak perlu menunggu kedua partai tersebut.

"Kan politik sekarang Golkar siapapun yg menang akan bergabung dengan pemerintah. PPP itu walau tunggu Muktamar itu tapi mereka kan sudah dapat menteri agama Lukman Hakim Saefuddin. Itu kan figur yang bisa diterima segala pihak," ujarnya.

Dadang juga memprediksi bila kader Golkar masuk kabinet maka akan mengurangi pos kementerian yang berasal dari profesional.

"Sudah hampir bisa dikatakan pertimbangan partai sudah jelas. Mengurangi dari profesional. Kalau satu orang dari Golkar masuk dari profesional. Formasinya," ujarnya.

Ia menilai masuknya Golkar kedalam kabinet wajar bila mendapat satu pos kementerian. "Kami memprediksi kalau Jokowi mengurangi proporsi partai, khawatir muncul kerenggangan komunikasi politik parpol dan Jokowi," tuturnya.

Hanura, kata Anggota Komisi X DPR itu, tidak mempersoalkan bila pos menteri di kabinet kerja dikurangi atau ditambah. "Tapi kami juga keyakinan Pak Jokowi tidak akan mengurangi proporsi partai," katanya.

( Penulis: Ferdinand Waskita / Editor: Hasanudin Aco )

Sumber Berita :
http://tribunnews.com/nasional/2016/03/31/isu-reshuffle-kabinet-kian-kencang-hanura-tak-khawatir-menterinya-diganti

Baca Juga :

0 komentar