Cari Di Sini

Jokowi Minta DPR Jangan Buat UU Terlalu Banyak, Politisi Hanura: Rem Menterinya Donk Agar tak Ajukan RUU

3/31/2016 09:30:00 AM

Sumber Foto : www.teropongsenayan.com

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -

Presiden Joko Widodo meminta DPR tidak usah bikin Undang-Undang terlalu banyak, cukup 3-5 UU dalam satu tahun.

Menangapi hal ini Sekretaris Fraksi Partai Hanura Dadang Rusdiana menilai jika Presiden Jokowi tidak mau DPR terlalu banyak buat UU, maka seharusnya Jokowi kontrol para menteri yang selalu mengajukan UU ke DPR.

"Jadi kalau pak presiden menganggap DPR terlalu banyak bikin UU, ya rem para menterinya agar tak mengajukan RUU," kata Dadang pada TeropongSenayan, Kamis (31/3/2016).

Menurut Dadang, DPR selama ini selalu disalahkan dalam pembuatan Legeslasi. Padahal kata ia DPR sejauh ini sudah bekerja secara maksimal sesuai kewenangannya pengawasan, budgeting, dan anggaran.

"Sekarang ini kan aneh. DPR sedikit bikin UU dianggap tidak produktif, terlalu banyak Bikin UU dianggap tidak pantas, komunikasi politik Pesiden dan DPR perlu diperbaiki, ada yang salah faham satu sama lain disini," katanya.

Anggota Komisi X DPR RI ini mengatakan, UU itu sesuatu yang mutlak di negara hukum, untuk membuat tatanan negara yang lebih baik.

"Undang-undang yang sudah dibuat cukup banyak sejak negara ini dibentuk, namun perkembangan zaman, perubahan tantangan dan tuntutan masyarakat yang semakin meningkat mendorong pula DPR untuk mengkaji ulang berbagai UU dan melakukan perubahan yang dipandang perlu atau bahkan membuat UU yang baru. Ini sesuatu yang wajar dan logis," kata Dadang.

Pria kelahiran Bandung ini mengatakan, kebutuhan akan pengaturan UU ini untuk setiap tahunnya ditetapkan bersama oleh pemerintah dan DPR dalam bentuk prolegnas.

"Jadi prolegnas itu mengakomodasi seluruh usulan pemerintah akan kebutuhan UU, demikian juga usul inisiatif DPR. Jadi bukan hanya kehendak sekitar DPR," tandasnya.

( Icl / Sahlan Ake )

Sumber Berita :
http://www.teropongsenayan.com/35146-jokowi-minta-dpr-jangan-buat-uu-terlalu-banyak-politisi-hanura-rem-menterinya-donk-agar-tak-ajukan-ruu

Baca Juga :

0 komentar