Cari Di Sini

Soal Membaca Buku, Indonesia Kalah Dari Malaysia

3/26/2016 10:15:00 PM

Sumber Foto : fokusjabar.com

BANDUNG BARAT,FOKUSJabar.com :

Budaya membaca di Indonesia dinilai masih rendah jika dibandingkan dengan negara Malaysia, Thailand dan Singapura. Jika negara tetangga ini mampu membaca sedikitnya tiga buku pertahun, Indonesia satu pun tidak.

“Gemar membaca harus didorong karena budaya baca di Indonesia masih rendah. Satu tahun di Indonesia tidak bisa menamatkan satu buku. Tapi di Malaysia bisa 3 buku,” kata Anggota Komisi X DPR RI, Dadang Rusdiana kepada wartawan usia menghadiri acara Safari Gerakan Nasional Gemar Membaca di Provinsi dan Kabupaten / Kota Tahun 2016 di Ballroom SKPD Pemkab Bandung Barat, beberapa waktu lalu

Melihat perbandingan itu, artinya menunjukan bahwa budaya membaca buku masyarakat Indonesia masih rendah. Pendekatan dengan mendorong konsep perpustakaan yang bisa menarik minat masyarakat.

“Jangan sampai perpustakaan itu tempat yang menjenuhkan. Tapi bisa dibuat nyaman dan bisa menjadi magnet bagi semua orang khususnya bagi kalangan remaja, contohnya menyatukan konsep perpustakaan dengan kafe dan lain-lain,” ujarnya.

Dadang pun mengakui, selama ini upaya dalam membiasakan gemar membaca masih pada permasalahn pendekatan struktural dan kultural. Padahal, kedua pendekatan itu sama-sama penting dalam membiasakan gemar membaca.

“Problem struktural dan problem kultural masih menjadi permasalahan. Ditambah kita lebih seneng menonton sinetron dari pada membaca,” tuturnya.

Dadang menambahkan, jika permasalahan gemar membaca tidak didorong sejak dini, Indonesia akan kalah bersaing dengan negara lain dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

“Kita harus giat membaca jangan kalah dari negara lain. Karena dengan membaca jendela dunia akan terbuka. Dan ini penting ini untuk menghadapi bahaya MEA, karena kita tidak punya daya saing,” pungkasnya.

( Tri/Yun )

Sumber Berita :
http://fokusjabar.com/2016/03/26/soal-membaca-buku-indonesia-kalah-dari-malaysia/

Baca Juga :

0 komentar