Cari Di Sini

Nih, Konsep Trisakti dan Revolusi Mental Berwirausaha ala Kang Darus

5/08/2016 12:15:00 PM

Sumber Foto : www.balebandung.com

CIPARAY –

Anggota DPR RI Dadang Rusdiana mengemukakan Konsep Trisakti dari Bung Karno yang bisa diterapkan dalam berwirausaha. Konsep Trisakti dan Revolusi Mental itu Dadang kemukakan saat jadi pembicara di Inspiring Seminar yang digelar PC Pemuda Muslimin Kab Bandung, di Aula Madrasah YPI Qoryah Cikoneng, Kec Ciparay, yang mengambil tema Tomorrow Will Be Better; “Peluang dan Tantangan Generasi Muda Indonesia dalam Masyarakat Ekonomi Asean.”

Menurut Kang Darus, sapaan Dadang Rusdiana, konsep Trisakti bisa dijabarkan dalam praktek bisnis atau berwirausaha di era MEA. Kang Darus menyebut konsep Trisakti itu antara lain; Berdaulat dalam Politik, yang bisa dijabarkan ke dalam dua nilai revolusi mental yaitu dapat dipercaya dan kewarganegaraan.

“Artinya bahwa kejujuran adalah modal penting dalam membangun kewirausahaan. Sedangkan kewargaan adalah dengan melaksanakan apa yang menjadi hak dan kewajibannya,” terang Sekretaris Fraksi Partai Hanura DPR RI ini.

Kedua, Berdikari dalam Ekonomi, yang dijabarkan dalam dua nilai revolusi mental yaitu kemandirian dan kreativitas. “Jadi, sebagai bangsa kita harus memiliki kepercayaan diri sekaligus kreatif. Kreatif itu sendiri merupakan pelaksanaan dari ide dan eksekusi,” tandasnya.

Ketiga, Berkepribadian dalam Budaya, yang dapat dijabarkan dalam dua nilai revolusi mental yaitu : saling menghormati dan gotong royong. Darus menunjuk contoh negara Korea Selatan yang bisa menjual seni budayanya dalam bentuk industri kreatif seperti melalui film-film dan musiknya.

“Nah, kalau kita sudah bisa tanamkan konsep Trisakti dibarengi dengan nilai-nilai revolusi mental, barulah kita bisa bersaing dengan negara lain,” pungkas Darus.

( iwa )

Sumber Berita :
www.balebandung.com/nih-konsep-trisakti-dan-revolusi-mental-berwirausaha-ala-kang-darus/http:

Baca Juga :

0 komentar