Cari Di Sini

Warga Tumpah Ruah di Festival Tangkuban Perahu

5/25/2016 05:53:00 AM

Sumber Foto : juaranews.com

JuaraNews, Bandung –

Masyarakat Kota Lembang tumpah ruah ke jalanan, menyaksikan Festival Tangkubanparahu, Selasa (24/5/2016).

Festival dibuka Ketua DPR Ade Komarudin, diawali dengan karnaval. Anak-anak sekolah, seniman, dan berbagai pendukung dari instansi, turut memeriahkan acara tersebut.

Sejumlah tokoh hadir pada acara tersebut, selain Ade Komarudin, hadir Bupati Bandung Barat Abubakar, anggota DPR Dadang Rusdiana, dan sejumlah pejabat TNI yang berkantor di Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Karnaval berlangsung di Jalan Raya Lembang, dari depan Mapolsek Lembang hingga Alun-alun Lembang. Selama sekitar tiga 3 jam, Jalan Raya Lembang sampai pertigaan Jalan Tangkubanparahu ditutup. Kepadatan lalu lintas tak terhindarkan di sekitar kawasan itu.

Berbagai aksi dan kesenian dipertontonkan dalam Festival Tangkuban Perahu ini. Kesenian Sisingaan, jajangkungan, calung, rampak pencak, tari-tarian, dan marching band. Salah seorang anggota DPR Dadang Rusdiana, malah naik sisingaan dan digotong oleh para pengusungnya. Sambil menari dan menikmati musik, mereka bersuka ria.

Ade Komarudin menyambut baik festival Tangkuban Perahu ini. Kegiatan semacam ini, katanya, pagelaran yang bagus untuk melestarikan kebudayaan Sunda dan kearifan lokal. "Saya kira kebersamaan ini patut diteruskan di masa yang akan datang," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Abubakar, mengatakan, kegiatan ini telah rutin dilakukan sejak enam tahun lalu. Keberlangsungan festival ini, katanya, menunjukkan sinergi dari komunitas-komunitas wisata, seni, dan budaya. Abu berharao festival ini bisa mempromosikan pariwisata Kabupaten Bandung Barat.

"Banyak manfaat buat masyarakat umum, termasuk pelaku pariwisata, seni, dan budaya, karena di perhelatan ini unsur-unsur itu digabungkan, yang pada akhirnya diharapkan bisa mengangkat ekonomi masyarakat. Mari kita semarakkan festival ini biar berlanjut terus," kata Abubakar.

Festival Tangkuban Perahu masih akan berlangsung hari Rabu (25/5/2016) ini. (*)

( ude )

Sumber Berita :
juaranews.com/berita/14820/25/05/2016/warga-tumpah-ruah-di-festival-tangkuban-perahu

Baca Juga :

0 komentar