Cari Di Sini

DPR Minta Mendikbud Buat Skenario Pemotongan Anggaran Rp 3 Triliun

6/10/2016 09:27:00 PM

Sumber Foto : www.jawapos.com

JawaPos.com - ‎

Komisi X DPR menolak pemotongan anggaran pendidikan sebesar Rp 6,5 triliun. Pasalnya, pemotongan tersebut berimplikasi pada kualitas pendidikan. Jikapun dipangkas, paling tidak hanya berkisar pada angka Rp 3 triliun.

Anggota Komisi X DPR Dadang Rusdiana menyatakan, berdasarkan ‎Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN)‎ pendidikan merupakan dimensi penting dalam pembangunan. Pemotongan anggaran tersebut dikhawatirkan membuat daya saing pendidikan Indonesia melemah.

‎"Pemotongan tersebut belum disetujui oleh komisi X," ujarnya kepada JawaPos.com, Jumat (10/6). ‎

Karena itu, komisi X DPR memberi kesempatan bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan ‎(Kemendikbud) Anies Baswedan untuk membuat skenario agar anggaran yang dipotong tidak mengenai kegiatan-kegiatan penting.

Sekretaris Fraksi Hanura itu ‎percaya Anies dapat melakukan rasionalisasi belanja pada hal-hal yang tidak bersentuhan langsung dengan kepentingan peserta didik maupun kesejahteraan guru. Jadi, pemangkasan belanja dapat dilakukan pada perjalanan dinas dan belanja tidak langsung lainnya. ‎

‎Setidaknya, Anies harus membuat skenario pemotongan anggaran hanya berkisar pada angka Rp 3 triliun. "Kemendikbud dalam rapat yang akan datang akan menyampaikan skenario pemotongan tiga triliun tersebut," pungkasnya.

( dna/JPG )

Sumber Berita :
www.jawapos.com/read/2016/06/10/33467/dpr-minta-mendikbud-buat-skenario-pemotongan-anggaran-rp-3-triliun

Baca Juga :

0 komentar