Cari Di Sini

Hanura Total Dukung Ahok: Independen Ideal, Lewat Parpol Oke

6/14/2016 04:09:00 PM

Sumber Foto : detik.com

Jakarta -

Gubernur DKI Basuki T Purnama (Ahok) memberi sinyal akan balik badan dari jalur independen. Partai Hanura yang sejak awal mendukung Ahok di jalur independen pun siap menyesuaikan dengan keputusan Ahok.

"Kalau kita parpol pendukung, kalau misalnya Ahok lebih nyaman dengan (diusung) parpol oke, kita nggak ada masalah," ungkap Tim Pilkada DKI Jakarta dari Hanura Dadang Rusdiana saat dihubungi, Selasa (14/6/2016).

Meski begitu, Partai Hanura hingga saat ini masih konsisten dengan keputusan sebelumnya selama belum ada perubahan. Yakni mendukung Ahok lewat jalur perseorangan bersama kelompok relawan Teman Ahok.

"Walau idealnya Ahok lewat jalur independen. Partai pendukung yang mengawali seperti Hanura dan NasDem, lalu kemudian ada Golkar, sebaiknya menjadi pendukung saja. Akan lebih elok agar fenomena yang terjadi diapresiasi parpol," ucap Dadang.

Selama ini pola kerja sama antara partai pendukung dan Teman Ahok dinilainya sudah baik. Yakni ketika Teman Ahok bekerja mencari dukungan hingga hampir mencapai satu juta KTP, sementara partai pendukung siap memback up ketika relawan terganjal karena aturan di KPU.

"Parpol hanya menyelamatkan ketika misalnya saat diverifikasi harus door to door, menyulitkan dari KPU. Kalau itu terjadi, maka akhirnya parpol bisa menyelamatkan posisi itu. Tapi kalau posisi independen mulus saja lebih baik model yang selama ini dilanjutkan," beber dia.

Soal adanya suara-suara Ahok akan terganjal di DPRD jika maju lewat independen ketika kembali terpilih sebagai gubernur DKI, Dadang memastikan itu tidak akan terjadi. Partai pendukung disebutnya selalu akan memberikan bantuan di parlemen.

"Partai pendukung terus menurus mendukung, apalagi kalau PDIP bergabung akan lebih kuat. Jadi tetap mendukung walau partai tidak mengusung," ujar Dadang.

Namun Partai Hanura siap mengikuti perkembangan. Jika memang Ahok ingin kembali untuk ikut Pilgub lewat jalur politik dan disebut-sebut akan bersama Djarot Saiful Hidayat dari PDIP, Hanura siap menyokong keputusan tersebut. Hanya saja menurut Dadang, Ahok harus membicarakannya dengan Teman Ahok yang selama ini berjuang untuk mencari dukungan perseorangan.

"Kalau ada perubahan kesepakatan politik maka harus dibicarakan dulu dengan Teman ahok. Kalau ada format baru, bisa dibicarakan dengan Teman Ahok dan parpol, misalnya Ahok ingin disandingkan dengan Djarot," tuturnya.

Partai Hanura masih membuka setiap kemungkinan yang terjadi. Selama memang itu untuk kebaikan Ahok dan tidak menodai keinginan masyarakat. Karena dua hal itu yang menjadi faktor penentu bagi Hanura.

"Silakan, selama Ahok happy. Dan juga mementingkan keinginan rakyat, misalkan rakyat tak masalah jika lewat independen atau parpol, yang penting ingin Ahok tetap maju (di Pilgub). Kami bisa usung Ahok, karena faktor utamanya adalah Ahok dan keinginan rakyat," jelas Dadang.

Apakah ini arahan Ketum Hanura Wiranto terkait Pilgub DKI?

"Garis besarnya seperti itu," jawabnya. (ear/tor

( ear/tor - Elza Astari Retaduari )

Sumber Berita :
detik.com/news/berita/3233129/hanura-total-dukung-ahok-independen-ideal-lewat-parpol-oke

Baca Juga :

0 komentar