Cari Di Sini

Komunikasi Orang Tua, Faktor Penting Menjaga Gaya Pacaran Anak

6/23/2016 12:58:00 PM

Sumber Foto : www.jawapos.com

JawaPos.com -

Komisi X DPR prihatin dengan perilaku pacaran anak muda saat ini. Survei empat mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) mengungkap, ‎50 persen responden siswa menyebutkan gaya berpacaran yang disertai dengan berpelukan hingga berciuman dianggap biasa.

Anggota Komisi X DPR Dadang Rusdiana mengatakan, ‎perilaku gaya berpacaran anak muda saat ini dipengaruhi oleh budaya asing yang terbilang bebas.

"Tata nilai bangsa ini telah tergerus karena budaya asing melalui film dan media lainnya yang tidak pernah terseleksi dengan baik, terutama oleh orang tua," ujarnya kepada JawaPos.com, Kamis (23/6).

Menurutnya, peran orang tua menjadi penting untuk menjaga perilaku anaknya.

Tingkat pendidikan si orang tua pun menjadi salah satu faktor bagaimana bersikap kepada anaknya. Orang tua yang rendah pendidikannya, terutama rendah dalam pemahaman keagamaannya akan cenderung permisif (serba membolehkan) terhadap apapun yang terjadi pada anaknya.

Namun setidaknya, orang tua harus bisa berkomunikasi dengan baik pada anak-anaknya. "Itu cara efektif mencegah si anak berperilaku di luar batas wajar dalam berpacaran," kata politikus Hanura ini.

Komunikasi itu seperti bagaimana anak diberi pengertian tentang pendidikan seks sejak dini. Supaya, tahu mana yang terlarang dan mana yang boleh ketika mereka bergaul dengan lawan jenis. Sehingga ada rambu-rambu yang jelas.

"Saya kira komunikasi, penanaman nilai agama dan disiplin harus menjadi bagian penting pendidikan keluarga," ucap legislator asal Bandung itu.

Tak hanya komunikasi, orang tua menurut Dadang perlu menanamkan disiplin dan tegas bersikap dalam kondisi seperti ini. "Tidak bisa lagi bersantai-santai‎," sebutnya.

Di sisi lain, pendidikan sekolah juga menjadi bagian penting menanamkan budi pekerti luhur bagi para anak. Mulai dari usia dini hingga pemuda yang tengah mencari jati dirinya.

"Pedoman penanaman budipekerti di sekolah sekarang sedang diselesaikan oleh Kemendikbud sebagai penjabaran dari Permendikbud tentang budi pekerti," jelas Dadang.

( dna/JPG )

Sumber Berita :
www.jawapos.com/read/2016/06/23/35823/komunikasi-orang-tua-faktor-penting-menjaga-gaya-pacaran-anak

Baca Juga :

0 komentar