Cari Di Sini

DPR Sesalkan Aksi Orangtua Siswa Aniaya Guru

8/11/2016 04:36:00 PM

Sumber Foto : okezone.com

JAKARTA -

Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana menyesalkan aksi penganiayaan dilakukan siswa berinisial MAS (15) bersama orangtuanya Adnan Achamad (43) terhadap guru di SMK Negeri 2 Makassar, Sulawesi Selatan.

Guru malang bernama Dasrul (53) itu dianiaya gara-gara memarahi MAS yang merupakan anak didiknya.

Menurut Dadang, fenomena yang terjadi saat ini penegakan kedisiplinan dilakukan guru sering dianggap kekerasan oleh orangtua siswa. Bahkan para orangtua kerap melaporkan para guru itu ke kepolisian karena dianggap melakukan penganiayaan.

"Seringkali guru ketika mendidik disertai penegakan disiplin seperti dengan mencubit atau menjewer dianggap sebagai kekerasan dan kemudian diikuti dengan balas dendam orangtua siswa, dengan melakukan kekerasan yang serupa atau melaporkan ke polisi," ujar Dadang kepada Okezone, Kamis (10/8/2016).

Politikus Partai Hanura itu mengatakan, siswa saat ini mendapatkan banyak pengaruh di luar sekolah yang berdampak pada moralnya.

"Siswa sekarang itu bukan hanya mendapat pendidikan di sekolah, dia juga mendapat pengaruh "pendidikan tambahan" dari lingkungannya seperti tontonan, rapuhnya komunikasi dengan orangtua karena kesibukan sehingga ada hambatan dalam perkembangan akhlaknya," jelas Dadang. Untuk mencegah terulangnya kembali peristiwa itu, Dadang meminta diefektifkannya kembali komite sekolah sebagai jembatan komunikasi antara sekolah dengan wali siswa dan masyarakat sekitar.

"Maka komite sekolah yang selama ini ada harus kita berdayakan sebagai sarana efektif untuk menjalin komunikasi antara sekolah dengan masyarakat, sehingga sekolah sebagai ekosistem pendidikan benar-benar bisa kita jaga fungsinya," pungkasnya.

( Bayu Septianto )

Sumber Berita :
okezone.com/read/2016/08/11/337/1461144/dpr-sesalkan-aksi-orangtua-siswa-aniaya-guru

Baca Juga :

0 komentar