Cari Di Sini

Guru Dipukuli Orang Tua Murid, DPR: Kebebasan HAM yang Kebablasan

8/11/2016 03:53:00 PM

Sumber Foto : www.jawapos.com

JawaPos.com -

Teguran yang dilakukan guru menjadi persoalan yang berujung pada hukum. Kali ini, guru SMKN 2 Makassar bernama Dasrul dipukuli orang tua siswanya, Adnan Achmad.

Itu terjadi lantaran Dasrul menegur anak Adnan, MA (15) yang tak membawa alat gambar saat mata pelajaran arsitektur yang diajarkannya. Tak tinggal diam, usai ditetapkan tersangka oleh Polsek Tamalate, Adnan melapor balik Dasrul atas dugaan pemukulan terhadap anaknya.

Kasus tersebut menjadi perhatian anggota Komisi X DPR Dadang Rusdiana. Menurut Dadang, kasus pemukulan ini akibat pemahaman hak asasi manusia (HAM) yang salah kaprah.

"Ya itulah kebebasan dan pengatasnamaan HAM yang kebablasan," tegasnya melalui pesan singkat, Kamis (11/8).

Orang tua juga selalu salah menilai hubungan guru dengan siswa. Hal ini dipahami sekedar hubungan hukum, bukan hubungan antar pemangku kepentingan pendidikan.

Seringkali, guru ketika mendidik disertai penegakan disiplin seperti mencubit atau menjewer dianggap sebagai kekerasan dan kemudian diikuti dengan balas dendam orang tua siswa. Yakni, dengan melakukan kekerasan serupa atau melaporkan ke polisi.

Menurutnya, orang tua seharusnya mendukung tindakan guru apabila yang dilakukan si anak salah atau melewati batas wajar.

"Guru itu orang berjasa, pendidik. Masa murid hilang hormat, ya wajar kalau guru kasih sanksi. Orangtuanya saja yang gak paham makna mendidik, kasih sayang yang salah arah," tegasnya.

Karena itu, dia meminta jangan menyalahkan guru jika mereka memberikan sanksi. Seharusnya, orang tua melakukan instropeksi diri juga terhadap anaknya yang membangkang perintah guru. Sebab, pemicu perilaku tidak sopan si anak kepada orang yang lebih tua atau juga gurunya, dipengaruhi pula dari pola pengajaran orang tua.

Di sisi lain, politikus Hanura itu berharap agar kedepannya komite sekolah lebih diberdayakan. Itu sebagai sarana efektif menjalin komunikasi antara sekolah dengan orang tua. " Sehingga sekolah sebagai ekosistem pendidikan benar-benar bisa kita jaga fungsinya," pungkas Dadang.

( dna/JPG / PENULIS )

Sumber Berita :
www.jawapos.com/read/2016/08/11/44291/guru-dipukuli-orang-tua-murid-dpr-kebebasan-ham-yang-kebablasan

Baca Juga :

0 komentar