Cari Di Sini

Menimbang Untung Rugi Pembangunan Sekolah Parlemen

8/26/2016 11:20:00 AM

Sumber Foto : okezone.com

JAKARTA -

Ketua DPR RI Ade Komarudin mewacanakan pembentukan Sekolah Parlemen bagi anggota DPR, DPRD hingga kader partai politik di Wisma DPR Kopo, Bogor, Jawa Barat.

Wacana ini muncul untuk meningkatkan kualitas para wakil rakyat dalam fungsinya sebagai pembuat undang-undang (UU), penyusun anggaran hingga fungsi pengawasan.

Politikus Partai Golkar itu berharap proses pembuatan Sekolah Parlemen tidak memakan waktu yang lama dan bisa diikuti oleh anggota parlemen dari seluruh Indonesia.

"Anggota DPRD seluruh Indonesia, DPR RI dan nanti kalau bisa, kalau bisa ya, semua parpol terlibat di dalamnya. Caleg-calegnya dapat latihan di sana. Dapat pengetahuan di sana, bagaimana jadi anggota parlemen yang baik," kata Akom, Kamis 25 Agustus 2016.

Lalu, berapa biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan Sekolah Parlemen?

"Sangat minimal (biayanya). Jadi kalian enggak boleh protes karena sedikit sekali. (spesifiknya) Ya belumlah. Baru gagasan sudah kejar-kejar saja. Sedang dibuatkan proposal yang baik. Mudah-mudahan yang ini kalian enggak protes," jawab Akom.

Menurut anggota Komisi X DPR RI, Dadang Rusdiana, wacana Sekolah Parlemen harus dikaji matang dari berbagai aspek, seperti tingkat urgensi hingga yang terpenting masalah anggaran. Apalagi, negara sekarang sedang mengalami masalah dalam hal ini.

Namun sebagai sebuah ide, Dadang menilai Sekolah Parlemen bisa memberi manfaat untuk menciptakan para legislator andal.

Sementara Lucius Karus dari Forum Masyarakat Peduli Parlemen Indonesia (Formappi) menganggap, gagasan tersebut tak perlu diwujudkan sekarang karena diperlukan kajian yang lebih mendalam.

"Rencana yang dibuat tergesa-gesa akan menghasilkan sesuatu yang asal-asalan," kata dia, Jumat (26/8/2016).

Lucius menilai, perencanaan program di DPR cenderung lebih menekankan sisi bombastisnya, ketimbang melihat realitas yang ada. Apalagi rencana-rencana itu biasanya diikuti dengan kebutuhan dana yang fantastis.

( sal / Qur'anul Hidayat )

Sumber Berita :
okezone.com/read/2016/08/26/337/1473615/menimbang-untung-rugi-pembangunan-sekolah-parlemen

Baca Juga :

0 komentar