Cari Di Sini

Hanura: Tidak Tepat Jika MUI Dibubarkan

10/23/2016 09:01:00 PM

Sumber Foto : jitunews.com

JAKARTA, JITUNEWS.COM -

Dewan Pengarah Tim Pemenangan pasangan bakal calon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok)-Djarot Saiful Hidayat, Dadang Rusdiana, menilai adanya petisi yang menginginkan agar Majelis Ulama Indonesia (MUI) dibubarkan sangat tidak tepat. Lantaran, hal tersebut dapat memancing polemik yang berlebihan di Indonesia.

"Kalau dibubarkan tidak tepat, nanti akan memancing polemik yang berlebihan dan menguras energi," ujarnya saat dihubungi Jitunews.com, minggu (23/10).

Namun, kata dia yang tepat dilakukan untuk MUI adalah melakukan refungsionalisasi yang sesuai dengan kebutuhan umat seperti pengembangan dakwah, pengembangan sumber daya manusia da'i dan kajian-kajian yang bersifat keilmuan buka malah mengeluarkan fatwa-fatwa yang justru akan menimbulkan konflik.

"Fatwa sesat yang selama ini dikeluarkan MUI justru tidak sejalan dengan kebebasan beragama yang dijamin oleh konstitusi," tuturnya.

Adanya aksi demonstrasi umat islam yang meminta pemerintah memproses Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) paska MUI mengeluarkan fatwa bahwa Ahok telah melakukan penistaan agama menurutnya tidak harus terjadi.

Politisi Hanura ini berpandangan bahwa seharusnya MUI bersifat akomodatif, sehingga mewadahi semua keragaman baik tafsir dan penterjemahan terhadap Al-Quran, dalam hal ini MUI diharapkan mendamaikan, bukan malah memanaskan situasi.

"Seharusnya MUI mendamaikan, bukan malah memanaskan situasi. Apalagi Ahok sudah minta maaf. Ini Indonesia, negara Pancasila, bukan negara agama. Kalau pun ada pengaduan hukum, selesaikan melalui hukum jangan dilegitimasi dengan pemahaman tunggal," tutupnya.

( Penulis : Khairul Anwar, Syukron Fadillah )

Sumber Berita :
jitunews.com/read/46505/hanura-tidak-tepat-jika-mui-dibubarkan

Baca Juga :

0 komentar