Cari Di Sini

Bendera Merah-Putih Terbalik di SEA Games Malaysia, DPR: Indonesia Harus Buat Nota Protes!

8/20/2017 12:53:00 AM

Sumber Foto : okezone.com

JAKARTA –

Gambar bendera merah putih terbalik dalam buku panduan SEA Games 2017 di Malaysia menuai protes. Selain Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi, kalangan DPR RI juga ikut menyesalkan insiden tersebut.

Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana mendesak kontingen Indonesia untuk membuat nota protes atas kejadian ini. Menurutnya, terbaliknya bendera merah putih dalam buku panduan sangat memalukan.

"Kontingen Indonesia harus buat nota protes. Kan kebangetan kalau Malaysia sampai lupa bendera Indonesia," ujar Dadang kepada Okezone, Minggu (20/8/2017).

Dadang mengungkapkan sebagai negara tetangga, Malaysia tak seharusnya lupa terhadap warna bendera Indonesia. Apalagi perhelatan SEA Games hanyalah mencakup wilayah ASEAN, dan Polandia yang memiliki bendera berwarna putih-merah tak masuk dalam kawasan ASEAN.

"Berapa sih peserta SEA Games. Kan tidak banyak, masa panitia bisa keliru. Memangnya Polandia ikut di SEA Games sehingga tertukar, memang Malaysia sering bikin masalah," kesal Dadang.

Dadang pun menegaskan kontingen Indonesia harus membuat nota protes, meski Menteri Pemuda dan Olahraga Malaysia telah meminta maaf melalui akun twitternya. "Ya kita harus buat dulu nota protes. Masa mereka tidak periksa sebelum naik cetak. Atau (Malaysia) anggap remeh kita?" tutur Dadang.

Sebelumnya dalam buku bertajuk, souvenir special, yang dibagikan kepada tamu undangan, termasuk Menpora Imam Nahrawi saat upacara pembukaan pesta olahraga bangsa Asia Tenggara yang digelar di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Sabtu (19/8/2017), terlihat benar keteledoran panitia pelaksana SEA Games 2017.

Di halaman ke-80 dalam buku tersebut, bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik, yakni menjadi putih merah layaknya Pol. Posisi itu bersebelahan dengan bendera Malaysia.

Bendera Indonesia yang tercetak terbalik ini sebenarnya untuk menandakan negara yang sudah menjadi tuan rumah SEA Games. Dibawah bendera tersebut terpampang jelas tahun ketika Indonesia menjadi tuan rumah SEA Games yaitu 1979, 1987, 1997 dan 2011. Kesalahan mencetak bendera hanya terjadi pada Indonesia. Sementara itu, bendera 10 negara peserta SEA Games lainnya tercetak dengan benar.

( sal )

Sumber Berita :
news.okezone.com/read/2017/08/20/337/1759144/bendera-merah-putih-terbalik-di-sea-games-malaysia-dpr-indonesia-harus-buat-nota-protes

Baca Juga :

0 komentar