Cari Di Sini

Insiden bendera terbalik, DPR usul tarik kontingen atlet di SEA Games

8/21/2017 11:42:00 AM

Sumber Foto : merdeka.com

Merdeka.com -

Anggota Komisi X DPR dari Fraksi Partai Hanura Dadang Rusdiana mengusulkan pemerintah agar menarik kontingen atlet Indonesia dari ajang SEA Games 2017 di Malaysia. Usulan itu perlu dipertimbangkan jika pemerintah Malaysia tidak menindak tegas panitia SEA Games atas insiden tersebut.

"Kita protes keras dan kalau pemerintahan Malaysia ternyata tidak serius menangani ini, kita jangan tanggung-tanggung. Kalau perlu kontingen Indonesia semua ditarik untuk tidak melanjutkan," katanya di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (21/8).

Menurut Dadang, Indonesia tidak bisa menganggap sepele dan harus tegas atas insiden tersebut. Sebab, dia mengungkapkan, pemaknaan bendera Indonesia sangat dalam karena kemerdekaan didapat dengan taruhan darah dan nyawa para pejuang.

"Malaysia tidak pernah mengalami seperti itu. Jadi pemaknaan Indonesia terhadap bendera berbeda dengan pemaknaan bendera Malaysia," tegasnya.

Oleh karena itu, Dadang mengungkapkan, pemerintah boleh saja menerima permintaan maaf dari Malaysia. Akan tetapi, pemerintah juga harus menyampaikan catatan dan protes keras kepada pemerintah Malaysia terhadap kejadian itu.

"Boleh mereka minta maaf, tapi kita juga harus memberikan catatan penting itu. Misalnya Indonesia harus menyampaikan protes keras yang itu didasarkan pada suasana kebaktian masyarakat Indonesia saat ini di mana kita masih dalam suasana merayakan HUT RI ke-72," pungkasnya.

Insiden bendera Indonesia yang tercetak terbalik ini pertama kali ditemukan dalam buku panduan SEA Games XXIX yang dibagikan kepada para pejabat yang hadir dalam pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Kuala Lumpur, Malaysia, Sabtu malam.

Pada halaman ke-80 dalam buku itu, diketahui bendera merah putih Indonesia tercetak terbalik, yakni menjadi putih merah. Bendera Indonesia yang terbalik itu ada di bagian daftar negara peserta yang pernah menjadi tuan rumah SEA Games. Di bagian itu tertulis Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggaraan SEA Games antara lain pada tahun 1979, 1987, 1997 dan 2011.

( mdk/noe / Raynaldo Ghiffari Lubabah )

Sumber Berita :
merdeka.com/peristiwa/insiden-bendera-terbalik-dpr-usul-tarik-kontingen-atlet-di-sea-games.html

Baca Juga :

0 komentar