Cari Di Sini

Ada Versi Lain Film G30S/PKI, Silakan Dibuat

9/20/2017 04:59:00 PM

Sumber Foto : rmol.co

RMOL.

Partai Hanura menilai wajar adanya wacana pemutaran Film G30S/PKI yang digagas Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, menyambuit Hari Kesaktian Pancasila 1 Oktober 2017.

"Menurut saya sah-sah saja nobar (nonton bareng) yang digelar TNI dengan masyarakat, yang ditujukan agar masyarakat tidak lupa terhadap sejarah. Termasuk peristiwa pengkhianatan yang dilakukan oleh PKI," ujar Sekretaris Fraksi Hanura Dadang Rusdiana di Gedung DPR RI, Jakarta (Rabu, 20/9).

Dia mengatakan, pemutaran ulang film tersebut dapat memberikan pencerahan kepada masyarakat.

"Mengapresiasi film nasional itu bagus. Itu bukti kecintaan terhadap film Indonesia. Film itu media pendidikan, memberikan pencerahan pada masyarakat, termasuk film-film bergenre sejarah tentunya bermanfaat bagi masyarakat. Agar semua tahu apa yang pernah terjadi," jelas Dadang.

Hanura pun tidak mempersoalkan adanya pihak-pihak yang mengkritik rencana pemutaran Film G30S/PKI. Menurut Dadang, dalam negara demokrasi perbedaan pendapat adalah hal biasa dan harus saling menghargai. Perbedaan pandangan yang ditunjukkan dengan ekspresi budaya seperti film lebih menarik, kreatif dan dewasa.

"Biarlah nanti rakyat yang menilai. Apabila ada pihak yang mengkritisi film tersebut adalah propaganda pemerintah Orde Baru atau tafsir sepihak Orde Baru terhadap peristiwa G30S/PKI ya tidak masalah. Kalau ada pihak lain yang punya versi berbeda buat saja film serupa dari sisi tafsir yang lain, kan mudah," demikian Dadang.

( wah / LAPORAN: WAHYU SABDA KUNCAHYO )

Sumber Berita :
politik.rmol.co/read/2017/09/20/307941/Ada-Versi-Lain-Film-G30S/PKI,-Silakan-Dibuat-

Baca Juga :

0 komentar