Cari Di Sini

DPR: Perpres Penguatan Pendidikan Karakter Integrasikan Madrasah dengan Pendidikan Formal

9/06/2017 09:05:00 PM

Sumber Foto : okezone.com

JAKARTA -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter sebagai upaya menanamkan nilai-nilai luhur kebangsaan.

Perpres tersebut merupakan jawaban dari wacana pendidikan karakter melalui program lima hari sekolah atau sekolah sepanjang hari (full day school) yang ramai dibicarakan publik. Dengan terbitnya Perpres tersebut, maka Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah tidak berlaku lagi.

Anggota Komisi X DPR RI Dadang Rusdiana mengatakan, Perpres ini dibutuhkan untuk menguatkan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Menurutnya, dalam Permendikbud tidak mengatur pengintegrasian madrasah diniyah dalam penguatan pendidikan karakter.

"Perpres memang dibutuhkan karena tidak bisa Permendikbud mengatur pengintegrasian madrasah diniyah ke dalam PPK (Penguatan Pendidikan Karakter), karena madrasah diniyah di bawah pembinaan Kementerian Agama. Maka, Perpres lah yang memiliki otoritas pengaturan seperti itu," ujar Dadang saat dihubungi, Rabu (6/9/2017).

Menurut Dadang, tidak banyak yang berubah dari isi Perpres tersebut dengan Permendikbud Nomor 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Seperti yang berkenaan dengan substansi lima hari belajar, memberikan guru kesempatan mendapatkan fasilitas 24 jam pelajaran dalam satu sekolah dan pengaturan ekstrakurikuler yang terintegrasi.

"Saya kira tidak ada yang berubah. Secara substansi bahwa penguatan pendidikan karakter itu kita butuhkan agar generasi ke depan lebih baik lagi. Dan tentunya peran sekolah disini cukup besar, makanya Perpres PPK ini menjadi bermakna," ujar Dadang.

Dadang menambahkan, sebenarnya dalam Permendikbud, masalah full day school tidak diwajibkan bagi setiap sekolah, hanya bagi sekolah yang sudah mampu menerapkannya.

"Makanya saya heran kenapa bisa ribut," tukasnya.

( Ari / Bayu Septianto )

Sumber Berita :
news.okezone.com/read/2017/09/06/337/1770725/dpr-perpres-penguatan-pendidikan-karakter-integrasikan-madrasah-dengan-pendidikan-formal

Baca Juga :

0 komentar