Cari Di Sini

Forluni UNJ Ingin Legislatif dan Ekskutif Kompak Hadapi Plagiarisme

9/20/2017 10:20:00 PM

Sumber Foto : www.gatra.com

Jakarta, GATRAnews-

Merasa geram dengan lambatnya putusan Menteri Riset dan Teknologi (Menristek) Muhammad Nasir terkait kasus plagiarisme di Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Forum Alumni (Forluni) UNJ membawa kasus kasus tersebut ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Rabu 20/9.

Ide Bagus Arif Setiawan, Juru Bicara Forluni menyatakan, Pemerintah punya tanggung jawab untuk menuntaskan persoalan plagiarisme di ranah akademik. Menurut Ide, DPR RI yang diwakili oleh Komisi X mesti mendalami temuan-temuan tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) dan Tim Independen yang dibentuk oleh Kemenristekdikti.

“Kasus ini harus segera ditangani, agar marwah pendidikan tinggi tidak runtuh,” ucap Ide saat diterima oleh Anggota Komisi X dari partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Dadang Rusdiana. Tak hanya itu, Ide dalam kunjungannya ke DPR kali ini, menyatakan ingin lembaga pemerintahan kompak dalam menyikapi kasus plagiarisme.

“Eksekutif dan legislatif mesti sama-sama berkomitmen memberantas plagiarisme,” tegasnya. Prioritas lainnya, sambung Ide, pemerintah harus mengevaluasi sistem pendidikan tinggi nasional. “Apa yang salah, apa yang tidak relevan, apa yang harus diubah dalam sistem pendidikan tinggi kita. Agar sistem pendidikan tinggi tidak melahirkan tradisi picik. Pendidikan harus Membangun Integritas,” ungkapnya kepada Gatranews.

Langkah Forluni pun tidak hanya sampai di legislatif, lanjut Ide, Forluni juga akan berkomunikasi dan berkonsultasi dengan beberapa guru besar dalam menyikapi praktik curang di ranah akademik.

“Mereka kan lebih dahulu bicara soal pendidikan apalagi bicara karya, plagiarisme ini benar-benar mencoreng pendidikan Indonesia. Padahal kesadaran dan pergerakan nasional lahir dari adanya pendidikan,” pungkas alumnus Pendidikan Sejarah ini. “Kita akan terus bergerak dan mengawal agenda revolusi pendidikan nasional,” Ide mengakhiri.

Sementara itu, Dadang Rusdiana mengatakan, legislatif satu pendapat dan sikap dengan Forluni UNJ. “Ini masalah serius. Kita harus segera membenahinya,” ungkap anggota legislatif Dapil Jawa Barat II ini.

( Reporter : VRU / Editor : Mukhlison )

Sumber Berita :
www.gatra.com/nusantara/jabodetabek/285972-forluni-unj-ingin-legislatif-dan-ekskutif-kompak-hadapi-plagiarisme

Baca Juga :

0 komentar